Bingung Instal Komputer? Ini Caranya! | Nanokarakoy

Bingung Instal Komputer? Ini Caranya!

Di jaman serba modern, popularitas barang bernama komputer selalu berada di urutan atas. Bagi tiap-tiap orang modern komputer juga diartikan sebagai kebutuhan. Para perusahaan di dunia pun berlomba-lomba menghasilkan desain komputer yang apik. Tak hanya desain, rupanya berbagai macam aplikasi telah dikembangkan oleh para pengembang modern. Akan tetapi, setiap orang belum tentu bisa melakukan instal komputer dengan benar dan tepat. Lantaran itu, banyak orang termasuk Anda mungkin akan meminta bantuan orang lain untuk melakukan penginstalan.

Baca Juga: Tips Sebelum dan Sesudah Install Komputer

Sebenarnya hal tersebut bisa dikerjakan sendiri. Asalkan Anda benar-benar menerapkan cara yang benar dan mengerti apa yang harus dipersiapkan sebelum menginstal benda canggih ini. Menerapkan cara yang benar perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal kecil saat penginstalan dilakukan. Hal-hal kecil bisa saja terjadi misalnya saja error aplikasi. Bila Anda ingin melakukan penginstalan terhadap laptop atau komputer, berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Lakukan persiapan

Persiapan merupakan hal penting dalam setiap hal. Anda bisa menyiapkan komputer atau laptop yang ingin diinstal. Dalam melakukan persiapan, Anda juga harus mengecek kelengkapan setiap komponen yang digunakan sebagai penunjang. Misalnya saja kelengkapan hardware. Pastikan juga setiap kabel terhubung dengan baik. Selebihnya perangkat keras seperti printer, kartu jaringan serta perangkat lainnya juga telah terhubung pada komputer atau laptop yang akan diinstal. Tujuannya tak lain adalah agar pada saat proses penginstalan, perangkat pendukung tersebut bisa dengan mudah terdeteksi oleh sistem.

  • Pastikan jenis penginstalan

Penginstalan ada berbagai macam. Sebelum menginstal suatu komputer, pastikan terlebih dahulu jenis penginstalan yang akan dilakukan. Apakah jenis penginstalan yang Anda lakukan merupakan instal baru ataukah penginstalan ulang. Bila penginstalan yang dilakukan masuk ke dalam kategori baru, maka yang Anda lakukan adalah mengecek kelayakan dan sertifikasi aplikasi. Bila yang Anda lakukan adalah instal komputer lama maka pastikan file atau dokumen yang ada di dalam komputer telah dipindah ke harddisk lain. Ini dilakukan untuk menghindari hilangnya file penting saat proses instal berjalan.

  • Pastikan sistem operasi

Sebelum melakukan penginstalan, Anda harus dapat mengenali sistem operasi yang akan digunakan. Apakah Anda akan menggunakan Windows XP ataukah Windows terbaru yaitu Windows 7 di dalam penginstalan, pastikan itu sebelum proses instal terjadi. Dalam kasus ini, bila yang Anda inginkan adalah menginstal Windows maka siapkan dahulu CD asli dari sistem Windows tersebut. Pastikan bahwa Anda juga mencatat nomor seri dari sistem operasi ini. Nomor seri biasanya akan diisikan saat proses penginstalan sedang berjalan. Jadi pastikan bahwa Anda benar-benar telah mengenali sistem operasi tersebut termasuk hal-hal yang berkaitan dengan proses instal.

  • Manfaatkan CD Driver

CV Driver akan Anda butuhkan setelah selesai melakukan penginstalan. Meski telah terinstal dengan baik, tampilan pada layar komputer atau laptop Anda kemungkinan masih error. Contohnya suara yang tidak terdengar secara maksimal dan perangkat belum bisa digunakan dengan sempurna. Oleh karena itu, manfaatkanlah CD Driver untuk menginstal sound card dan driver VGA serta driver pendukung lainnya. Bila Anda belum mempunyai driver tersebut, lakukan pengunduhan di situs internet terpercaya yang menyediakan hardware yang dimaksud. Sampai di sini Anda sudah bisa menginstal PC yang dimiliki. Demikianlah beberapa cara instal komputer yang perlu Anda ketahui. Dengan memanfaatkan cara di atas Anda tak perlu lagi meminta bantuan orang lain saat penginstalan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *