Install Komputer dengan Mudah dan Aman | Nanokarakoy

Cara Install Komputer dengan Mudah dan Aman

Komputer merupakan alat elektronik yang keberadaannya sangat penting dalam kehidupan manusia modern. Hampir semua jenis pekerjaan, terutama pekerjaan kantor, sudah menggunakan bantuan komputer. Komputer memang menawarkan berbagai kemudahan di dalam komputer. Salah satu langkah pertama ketika akan menggunakan komputer, atau ketika komputer habis rusak atau membeli baru, adalah melakukan install. Install merupakan sebuah proses menyematkan program pada komputer, sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan keinginan penggunanya. Jika tidak diinstall, komputer tidak ubahnya seperti benda yang tidak memiliki kemampuan, sebab fungsi komputer ditunjang oleh berbagai program yang diinstal. Berikut ini akan dibahas mengenai cara install komputer yang mudah dan aman.

  1.  Memastikan Kelengkapan Hardware

Langkah pertama sebelum melakukan install komputer adalah memastikan bahwa hardware komputer atau laptop tersebut lengkap dan berfungsi dengan baik, mulai dari keyboard hingga mouse, sebab proses penginstalan akan banyak bertumpu pada keyboard dan sesekali mouse. Selain itu, ketika akan menginstall sebuah komputer, sebaiknya Anda memastikan bahwa aliran listrik Anda aman, tidak akan terjadi pemadaman, sebab proses instal akan sia-sia jika mati listrik.

  1. Instal Ulang atau Instal Baru

Terdapat dua jenis instal pada komputer, yaitu instal ulang atau instal baru. Instal ulang berarti memperbarui program komputer yang sudah ada dengan mengupgrade beberapa fitur atau software terbaru. Sementara untuk instal ulang, biasanya dilakukan ketika program sebelumnya sudah rusak atau error. Jika menginstal baru, tentukanlah sistem operasi atau OS yang akan digunakan, apakah akan menggunakan windows XP, windows 7, windows 8, atau Linux. Siapkanlah CD software yang akan diinstal tersebut beserta nomor serinya. Atau jika Anda ingin memanfaatkanlayanan nomor seri gratis, bisa memanfaatkan file installer yang sudah dicrack. Jika Anda ingin menginstal tanpa CD atau DVD, bisa memanfaatkan flashdisk yang sudah menampung file tersebut.

  1. Menyiapkan Driver

Setelah langkah penginstalan selesai, langkah berikutnya adalah menyiapkan driver. Driver ini berfungsi untuk mengaktifkan hardware agar berfungsi dengan baik, jika tidak diinstal driver, komputer Anda tidak akan berfsungsi dengan maksimal. Driver yang harus diinstal di antaranya adalah keyboard, VGA, piranti pengeras suara, dan berbagai macam hardware lainnya. Untuk memastikan bahwa semua driver berfungsi dengan baik, Anda bisa mengeceknya di control panel.

  1. Memastikan Semua Perangkat Bekerja Maksimal

Proses akhir dari install komputer adalah memastikan bahwa semua perangkat komputer Anda, khususnya software yang telah Anda tambahkan pada komputer Anda, dapat berfungsi dengan maksimal. Di antara beberapa software yang keberadaannya sangat vital dan penting untuk menunjang penggunaan komputer adalah microsoft office (terdiri dari microsoft word, power point, excel, dll.), PDF reader, flahs player java, anti virus, web browser untuk menunjang penggunaan internet, aplikasi pemutar musik dan video, dan beberapa program lain sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan bahwa semua program atau aplikasi yang menunjang pekerjaan Anda dapat anda operasikan.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *