Mengenal Perangkat Keras Komputer

Berbicara tentang komputer maka kamu akan tertuju para perangkat yang ada di dalamnya. Ada beberapa komponen yang kamu harus perhatikan untuk mendapatkan performa yang baik. Jika kamu ingin membeli komputer, sebaiknya cek terlebih dahulu perangkat keras yang ada di dalamnya atau setidaknya mengenal komponen yang ada pada komputer. Berikut di bawah ini komponen yang mungkin kamu sering dengar.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Hardware Komputer Dan Fungsinya

Motherboard

Motherboard atau bisa juga disebut perangkat utama dalam komputer menghubungkan perangkat lain seperti RAM, kartu grafis, prosesor, dan perangkat penyimpanan data harddisk serta yang lainnya. Jika kamu ingin merakit komputer, dan membeli motherboard, ada beberapa hal yang bisa kamu cek terlebih dahulu. Seperti jumlah soket RAM, jenis soket prosesor dan hal lain yang berhubungan dengannya.

Random Access Memory atau RAM

Komponen komputer satu ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang diakses prosesor. Data yang tersimpan bersifat sementara, dan biasanya data yang ada pada RAM bisa diakses lebih cepat ketimbang di harddisk. Jenis komponen satu ini sudah berkembang juga. Jika dulu kamu hanya mengenal SDRAM, kini banyak spesifikasi komputer atau laptop yang dijual dengan RAM DDR2 atau DDR3 yang bekerja lebih cepat.

Prosesor

Komponen komputer yang berfungsi sebagai otak dari keseluruhan perangkat komputer. cara kerja prosesor dengan mengontrol jalannya sistem dan sebagai pusat yang menjalankan tugas utama. Kamu bisa mencari tahu informasi yang lebih akurat ke toko sparepart komputer tentang komponen ini yang sesuai dengan motherboard kamu. Tentu tiap jenis prosesor mempunyai kelebihan tersendiri.

Harddisk

Merupakan tempat penyimpanan data semua yang kamu simpan. Mulai dari operasi sistem, sampai sekedar lagu kenangan yang baru kamu unduh. Saat ini daya simpan data komponen komputer satu ini cukup besar, bisa mencapai 6 terabyte, tergantung seberapa besar yang kamu butuhkan. Jenis harddisk pun juga beragam. Umumnya ada dua jenis, IDE dan SATA.

Power Supply

Semua komponen yang telah disebutkan di atas tidak akan bisa terpakai tanpa listrik, oleh karena itu perangkat satu ini sangat dibutuhkan. Kamu bisa mencari tahu dahulu besaran daya listrik yang dibutuhkan. Jangan lupakan komponen pendingin dari power supply, biasanya adalah kipas kecil yang berfungsi mendinginkan perangkat agar tidak terlalu panas.

Kamu bisa merakit  kelima perangkat keras tersebut dalam chasing komputer. Oh iya, jangan lupa membeli monitor ya. Percuma saja kamu membeli komponen lengkap komputer tanpa mempunyai monitornya. Tidak perlu membeli yang mahal, yang penting bisa berfungsi dengan baik dan mendukung kegiatan kamu. Beli saja yang mempunyai resolusi layar cukup baik, agar tampilan program komputer nyaman dilihat. Betul tidak?   

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *