Tips Instal Komputer yang Baik dan Aman | Nanokarakoy

Tips Instal Komputer yang Baik dan Aman

Agar berfungsi dengan baik, setiap pengguna komputer harus melakukan instal. Instal merupakan proses aktivasi sistem operasi komputer yang memiliki program-program tertentu yang terkandung dalam berbagai software atau perangkat lunak. Komputer memang harus diisi oleh berbagai aplikasi atau software agar memiliki fungsi sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya. Misalnya jika ingin digunakan untuk memutar musik, maka harus menginstal aplikasi pemutar musik seperti winamp atau GOM Player. Di dunia, para programer membuat jutaan aplikasi yang memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Untuk berfungsi secara maksimal, berbagai aplikasi tersebut harus diinstal secara benar. Proses instal yang tidak dilakukan dengan benar justru akan berbahaya pada komputer, dan bahkan bisa menimbulkan error terhadap kinerja aplikasi lainnya. Agar bisa menginstal dengan benar, berikut ini adalah beberapa tips instal komputer yang baik dan aman.

Menggunakan CD Installer yang Original

Berbagai aplikasi/ software terbaru yang akan diaktifkan biasanya diperoleh melalui CD Installer atau bisa didwonload secara resmi. Saat ini, banyak sekali software yang dibajak atau dipalsukan tanpa izin untuk memperoleh keuntungan. Agar lebih aman dan fungsi aplikasinya dapat berjalan maksimal, installah aplikasi yang asli, bukan yang bajakan. Sebab dengan menginstal aplikasi bajakan akan mempengaruhi kinerjanya. Dalam banyak kasus, biasanya kapasitas aplikasi installernya diturunkan, atau melalui kompres terlebih dahulu agar lebih ringan. Padahal, aplikasi yang melalui proses kompres rentan mengalami error.

Menimbang Space Memori

Sebelum memutuskan melakukan instal komputer atau ingin menambahkan apliaksi tertentu, pastikan bahwa space atau ruangan memori komputer anda mencukupi untuk menampung aplikasi tersebut. Dalam banyak kasus, kinerja komputer lebih lambat karena aplikasi yang baru diinstal justru memperberat kinerjanya, terutama aplikasi yang kapasitasnya terlalu besar. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan ruangan memori yang tersisa pada komputer.

Memilih Software yang Sesuai

Tidak setiap software bisa diinstal di semua komputer. Software-software tertentu, terutama software terbaru biasanya hanya sesuai dengan komputer yang memiliki spesifikasi tertentu, terutama terkait dengan RAM, memori, dapur pacu, dan kemampuannya. Jika menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki, maka aplikasi tersebut tidak dapat dibuka dan hanya akan memenuhi memori komputer Anda.

Jika Anda ingin sekali menginstal sebuah aplikasi yang benar-benar Anda inginkan, sebaiknya siapkanlah dirver hadrware yuang sesuai agar proses instalasi dapat berjalan dengan maksimal.

Mengikuti Langkah Instalasi yang Benar

Salah satu hal terpenting agar proses instal komputer dapat berjalan dengan baik dan aman adalah dengan mengikuti langkah-langkah instalasi yang benar. Perhatikan tutorial atau panduan cara mengintal yang tertera pada handbook. Atau jika tidak ada handbook, pahamilah setiap perintah yang tertera selama proses instalasi agar fungsi aplikasi yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *