Tips Komputer, Pilih Mana Server Rakitan Atau Built Up ?

Memilih server rakitan vs built up kadang membuat galau, terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis yang membutuhkan komputer server. Ada berbagai bahan pertimbangan yang harus dijadikan patokan, namun seringkali harga murah lebih menggoda. Agar tidak menyesal kemudian simak tips komputer berikut ini mengenai server rakitan atau built up berikut ini.

Baca juga: 2 Tips Komputer

Komponen Yang Digunakan

Antara komputer server rakitan dengan server built up bisa saja memiliki spesifikasi yang sama. Namun, cobalah untuk mengetahui lebih dekat komponen keduanya. Anda akan mengetahui perbedaan keduanya.

Komponen komputer server rakitan tidak dibuat oleh orang yang ahli di bidang komponen, walaupun mereka paham seluk beluk seputar komputer. Jadi bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan standar. Berbeda dengan komputer server, dibuat oleh para ahli dibidangnya yang bekerja di bawah standar operasai yang berlaku. Komputer server yang bermerk dan sudah teruji spesifikasinya, sudah pasti diberi komponen yang bagus.

Desain Motherboard

Perangkat motherboard pada server built up merupakan pencapaian teknologi yang benar-benar dikuasai oleh para produsen server built up tersebut. Sedangkan motherboard pada komputer rakitan peletakannya dilakukan sedemikian rupa seperti pada komputer server built up.

Tips komputer mengenai motherboard berhubungan bagaimana komponen-komponen di dalamnya diletakkan dengan baik. Karena tata letak dengan desain yang sempurna dapat menghasilkan sistem kelistrikan yang sempurna pula. Sebagaimana kita ketahui bahwa sistem kelistrikan sangat pentingnya seperti pada sistem pengapian pada mesin kendaraan. Jadi bisa Anda bayangkan jika tata letak komponen pada motherboard sembarangan, maka sistem kelistrikannya juga tidak akan bekerja dengan sempurna.

Power Supply Yang Dipakai

Power supply pada server built up memiliki standar yang sudah ditentukan oleh produsen. Tentu saja dengan pemilihan power supply itu sendiri. Power supply yang menggunakan kabel berkualitas hasil keseluruhan dapat bekerja dengan optimal. Bisa Anda bayangkan jika power supplay yang digunakan dibawah standar, maka hasilnya akan jauh berbeda, komputer server tidak bisa bekerja dengan optimal.

Bahan Casing Server

Banyak orang yang tidak begitu peduli dengan casing komputer, padahal casing menjadi faktor yang menentukan kinerja komputer dengan baik. Casing built up terbuat dari bahan besi yang tahan karat, sedangkan pada server rakitan biasanya terbuat dari seng. Itulah yang menyebabkan server built up bobotnya lebih berat dibandingkan dengan rakitan.

Bahan yang digunakan mempengaruhi daya serap panas. Bahan besi jauh lebih baik dibandingkan dengan seng. Jika terlalu panas komputer akan mengalami over heating.

Demikian tips komputer, diharapkan dapat memberikan gambaran khususnya bagi Anda yang sedang bingung memilih antara komputer server rakitan dengan built up. Selain itu pastikan motor kipasnya dan komponen di dalamnya bekerja dengan optimal.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *