Tips Penggunaan dan Perawatan Komputer Gamers

Bermain game merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Menaklukkan berbagai jenis tantangan ketika bermain game dapat memantik imajinasi para gamers sehingga secara tidak langsung bermain game akan merangsang kinerja otak bagian motorik. Bermain game, dengan durasi dan batas yang positif, akan mampu meningkatkan kecerdasan otak bagian motorik. Salah satu teknologi yang sering dugunakan untuk bermain game adalah komputer. Bermain game memanfaatkan komputer sedang menjadi trend di kalangan anak-anak dan remaja, sebab dengan menggunakan komputer mereka bisa bermain game online dan dapat terhubung dengan perangkat komputer lainnya. Bermain game menggunakan komputer juga relatif lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan beaya untuk membeli game console. Namun, bermain game dengan komputer harus dilakukan dengan bijak, sebab daya tahan komputer berbeda dengan daya tahan game console, terutama jika digunakan non stop dalam durasi yang lama. Berikut ini adalah beberapa tips penggunaan dan perawatan komputer gamers.

baca juga: Mau Bermain Game Komputer? Ketahui Dulu Spek Komputer dan Jenis Game!

  1. Mengistirahatkan Komputer Setiap Lima Jam

Bermain game membuat orang gampang lupa waktu, sebab terlalu asyik sehingga tidak sadar bahwa mereka sudah duduk lama di depan komputer, bahkan hingga berjam-jam. Ketika bermain game menggunakan komputer, sebaiknya Anda menyetel weker atau alarm agar tidak lupa waktu. Penggunaan komputer secara berlebihan akan membuat suhu komputer sangat panas, dan hal itu akan berdampak pada kerusakan beberapa elemen komputer. Sebaiknya, komputer dimatikan setelah penggunaan lima jam. Dengan mengistirahatkan komputer, suhu komputer yang mulai panas karena diforsir untuk bermain game akan kembali normal.

  1. Menginstal Anti Virus

Biasanya, komputer gamers sering dipakai untuk bermain game online. Game online tersebut sangat rentan membawa virus, sebab koneksi internet merupakan salah satu jalan masuknya virus ke komputer. Installah komputer dengan anti virus yang bagus, yang mampu mengenali berbagai jenis virus. Jangan lupa untuk mengupdate anti virus agar kemampuannya dalam mengenali virus lebih baik dan meningkat.

  1. Menggunakan Power Suply

Agar penggunaan komputer lebih stabil, terutama terkait masuknya daya listrik ke komputer, gunakanlah power suply atau stavol. Arus listrik yang stabil dapat menunjang performa komputer. Sebaliknya, arus listrik yang tidak stabil akan dapat merusak komputer. Selain itu, dengan menggunakan power suply, komputer tidak akan langsung mati jika sedang mati lampu.

  1. Cara Meningkatkan Performa

Untuk meningkatkan performa komputer gamers, aplikasi atau program-program komputer yang jarang digunakan lebih baik dihapus atau dinonaktifkan, sebab semakin banyak aplikasi yang diinstal di sebuah komputer, akan berdampak pada performanya. Selain aplikasi, sampah sistem juga perlu dihapus karena hanya akan memenuhi memori penyimpanan komputer. Hapuslah aplikasi game yang sudah jarang dimainkan agar kecepatan komputer lebih stabil, hapus juga sampah sistem dan berbagai file yang tidak penting sehingga permainan yang dijalankan dengan memanfaatkan komputer bisa lebih cepat dan maksimal.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *