Tips Perawatan Komputer Sekolah

Keberadaan laboratorium komputer di sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa. Dengan komputer, siswa dapat mengenal jenis teknologi baru dan berbagai informasi terupdate dengan bantuan koneksi internet. Keberadaan komputer semakin penting saat ini mengingat ujian nasional kini diselenggarakan dengan berbasis komputer, sehingga setiap sekolah yang akan menyelenggarakan ujian nasional wajib menyediakan komputer bagi para siswa. Salah satu keluhan yang sering diutarakan oleh pengelola sekolah terkait dengan laboratorium komputer di sekolah mereka adalah komputer sekolah cepat mengalami kerusakan. Karakter dan sifat siswa yang bermacam-macam, terutama dalam menggunakan komputer sangat mempengaruhi usia pakai komputer, sebab tidak semua siswa dapat menggunakan komputer secara bijak dan hati-hati. Berikut ini akan diulas mengenai tips perawatan komputer sekolah.

  1. Listrik yang Memadai

Salah satu penyebab terbesar mengapa komputer sekolah sangat cepat rusak adalah faktro arus listrik di sekolah yang tidak stabil. Biasanya, sekolah akan mengandalkan arus listrik yang sudah ada, di mana besaran voltase listrik yang didaftarkan ke PLN adalah untuk memenuhi seluruh ruangan kelas dan lingkungan sekolah, termasuk juga laboratorium komputer. Hal ini menyebabkan beban arus listrik yang dibutuhkan di sekolah lebih besar dari daya yang dimiliki. Sebaiknya, laboratorium komputer sekolah menggunakan sambungan listrik khusus agar tidak gampang jeglek. Jika arus listrik tidak stabil dan gampang jeglek, komputer akan mudah rusak.

  1. Cek Kondisi Komputer Sebelum Siswa Meninggalkan Lab

Selalu biasakan untuk mengecek kondisi setiap komputer sebelum siswa meninggalkan lab, pastikan bahwa semua hardware/ perangkat keras komputer seperti mouse, keyboard, dll. masih dalam kondisi lengkap, dan komputer dalam keadaan menyala normal, tidak error atau hang. Seandainya ada hardware komputer yang hilang atau rusak, tanyailah siswa yang duduk di meja komputer tersebut. Atau jika komputer sedang error, tanyalah kepada si siswa mengapa komputer tersebut bisa error.

  1. Diinstal dengan Anti Virus

Selain penggunaan komputer yang tidak bijak, faktor lain penyebab komputer sekolah cepat rusak adalah terkena virus. Komputer sekolah yang digunakan oleh banyak orang tentu akan rentan terkena virus, melalui flashdisk siswa atau melalui sambungan internet. Tips perawatan komputer yang cukup mudah adalah dengan menginstal semua unit komputer sekolah dengan anti virus yang memadai. Anti virus akan membantu mengurangi resiko kerusakan komputer, terutama kerusakan yang disebabkan oleh virus. Jika dibiarkan, virus akan dapat merusak software atau program komputer.

Selain tips-tips perawatan komputer yang telah dibahas di atas, sebaiknya para guru khususnya pengelola laboratorium komputer di sekolah menyadarkan para siswanya bahwa komputer yang mereka gunakan harus dijaga dan dirawat dengan baik, sebab komputer tersebut sangat besar manfaatnya bagi kegiatan dan proses belajar mengajar di sekolah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *